Are you sure want to logout?

7 Hal yang Perlu Kamu Jadikan Komitmen demi Kebebasan Finansial

Wednesday, August 30, 2017



Kebebasan finansial menjadi impian banyak orang. Ini bukan hanya tentang seberapa banyak uang yang bisa kamu dapatkan, kebebasan finansial lebih kepada bagaimana kamu mampu mengelola dan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Sayangnya perjuangan memerlukan proses yang panjang untuk mencapainya. Kamu perlu belajar, berkorban dan mengatur dirimu sendiri untuk lebih disiplin dalam hal finansial. Beberapa hal ini perlu kamu pahami dan jadikan komitmen : 

 

  • Tentukan target finansial yang konkrit dan realistis

 

Via contently.com

Yaa, setiap orang seharusnya memiliki target finansial. Tidak hanya sebatas “Saya ingin lebih hemat”, tapi harus lebih detail, konkrit dan realistis misal “Saya akan memotong pengeluaran saya 20% lebih hemat hingga akhir tahun”, bisa juga “Saya akan menginvestasikan 25% pengahasilan tahunan saya”. Kamu bisa membuatnya sendiri, sesuaikan dengan kondisi dan tingkat kebutuhan kamu.  

Tips tambahan, gunakan metode SMART dalam menentukan target finansial yang Spesific, Measurable, Attainable, Realistic dan Timely. Pasanglah target yang jelas, optimis tapi realistis, dan memiliki batas waktu untuk dicapai. 

 

  • Skala Prioritas, tentukan mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang sekedar keinginan

 

Via ilmu-ekonomi-id.com

Skala prioritas adalah hal sulit bagi banyak orang, pengeluaran yang sebenarnya kurang bermanfaat sering kali dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Kamu bisa membuat kuadran 4 kotak yang berisi mana pengeluaran yang “penting dan mendesak”, “penting tapi kurang mendesak”, “kurang penting tapi mendesak”, “kurang penting dan kurang mendesak”. Dengan begini kamu bisa mengidentifikasi mana saja yang didahulukan, tahan nafsu pengeluaranmu yang tidak penting dan tidak mendesak!  

Skala prioritas juga membantumu untuk mengidentifikasi mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang sekedar keinginan. Kebutuhan pun wajib diprioritaskan, tetapi sering kali kita terlena mendahulukan keinginan. Disiplin menjaga diri penting untuk keuangan yang lebih efektif dan efisien. 

  • Perbanyak pengetahuan finansialmu

 

Via businessinsider.com

Tidak hanya untuk akuntan ataupun ahli keuangan, setiap orang harus memiliki pengetahuan finansial untuk mencapai kebebasan finansial. Jadwalkan secara regular waktu untuk menambah pengetahuan ini misal dari buku, blog, majalah atau Youtube. Beberapa buku yang direkomendasikan seperti "Rich Dad, Poor Dad" tulisan Robert Kiyosaki, "The Millionaire Next Door" oleh Thomas Stanley dan "Intelligent Investor" karya Benjamin Graham harus anda baca.

 

  • Selalu siapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak

 

Via cdn.ramseysolutions.net

Hal apapun bisa terjadi kapanpun. Potong pengeluaran tiap bulannya, setidaknya kamu menyimpan 10% perbulan untuk dana darurat. Tentukan jumlah minimal dana darurat yang siap dipakai ketika hal buruk terjadi. Menyisihkan penghasilan untuk ditabung memang tidak mudah, kamu harus lulus menjaga skala prioritas, disiplin untuk berbagai pengeluaran yang sebenarnya hanya keinginan bukan kebutuhan. Selebihnya setelah dana darurat tersimpan, kamu bisa menyisakan dana untuk investasi.

 

  • Investasikan sebagian penghasilan secara produktif

 

Via img.okezone.com

Fokus utama kamu sebenarnya bukanlah menyimpan dana sebanyak mungkin, tetapi menginvestasikan dana sestrategis mungkin. Berusahalah untuk menyisihkan 20% pendapatan untuk investasi. Memang tidak besar, tapi zaman sekarang kamu bisa berinvestasi dengan dana minim. Kapital Boost memfasilitasi investasi secara etis hanya dengan 2 Juta Rupiah, dengan imbal hasil menarik 18-24% per tahun.

Insting dan kemampuan berinvestasi memang tidaklah instan dan perlu diasah sepanjang waktu. Tidak hanya dari teori, belajar dari pengalaman juga mengasah insting investasimu. Investasi yang produktif adalah salah satu kunci utama kebebasan finansial.

 

  • Jangan lupa juga investasi untuk mengembangkan diri!

 

Via us.experteer.com

Selain investasi untuk memperoleh keuntungan  materil, kamu tidak boleh lupa untuk menginvestasikan waktu, uang dan energi untuk pengembangan diri. Kata Warren Buffet, “Investasi terbaik adalah pada dirimu sendiri”. Sediakan dana untuk membeli buku, mengikuti workshop, rekreasi, dll dengan pertimbangan matang.

Kamu akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, kamu pun merasakan nikmatnya hidup. Ingatlah bahwa esensi kebebasan finansial bukanlah tentang akumulasi materil saja, namun lebih ke ekspresi untuk menikmati dan menysukuri hidup. 

 

  • Berbagi dengan orang lain, hakikat sebenarnya kebebasan finansial

 

Via billygraham.org

Hal penting dari kebebasan finansial adalah kemampuan membantu orang lain, kamu sudah selesai untuk mengejar kebutuhan finansialmu sendiri. Kebahagiaan dasar manusia adalah membantu dan melihat orang lain bahagia, kamu akan merasa hidupmu jauh lebih bermakna. 

 

Tentang Kapital Boost

Kapital Boost adalah platform online untuk berinvestasi pada UKM dengan sistem crowdfunding syariah. Kapital Boost memberikan peluang investasi etis, aman dengan imbal hasil menarik 18-24% per tahun. Dengan jumlah investasi yang minim, anda berarti juga turut berpartisipasi untuk mendanai pertumbuhan masyarakat yang lebih sejahtera.

You have not verified your account. To do so, please click the link on the Account Activation email (it might be in your Spam folder) that was sent to you shortly after you created an account with us.
If you'd like us to re-send the Account Activation email, please fill in your email address below and click submit
Membership Registration

OR

The Username you've chosen is taken.
Please use another one.

You already have an account in Kapital Boost.
Please click the button below to retrieve your password.



Thank you for registering!
A verification email has been sent to . Please follow the instructions in the email to verify your account. Remember to check the spam folder in case you don't see the email in your inbox.